FAQ

PSD/FAQs

Perihal yang Sering Ditanyakan/Frequently Asked Questions

Update 16 Februari 2014 pk 16:00

Akses

T: Saya tidak bisa login ke dalam SIA/saya lupa password untuk login.
J: Silahkan gunakan fasilitas reset password. Masukkan username, tempat dan tanggal lahir sesuai dengan data yang ada di database kami. Link untuk menset ulang password akan dikirim melalui email. Pastikan email yang pernah didaftarkan valid.

T: Email yang saya daftarkan sudah tidak aktif/saya sudah mengganti email/saya juga lupa password emailnya.
J: Silahkan menghubungi kami di support.mercubuana.ac.id  untuk mengganti email, lampirkan data diri sebagai bukti. Kemudian coba kembali fasilitas set-ulang password.

T: Password yang sudah saya reset di SIA baru tidak bisa digunakan di SIA lama.
J: Saat ini reset password hanya untuk SIA baru, untuk reset password di SIA lama silahkan gunakan mekanisme reset password yang ada di SIA lama.

Akademik – KRS

T: Bisa dijelaskan secara singkat apa yang dilakukan selama proses KRS?
J: KRS/Rencana Studi adalah daftar perkuliahan yang akan diikuti oleh mahasiswa selama satu semester. Perkuliahan disusun oleh Prodi/Jurusan berdasarkan kurikulum yang berlaku. Berdasarkan data dari Prodi, POP menyiapkan ruang kelas dan waktu pelaksanaanya. Selanjutnya mahasiswa memilih perkuliahan dan kelas yang ingin diikuti selama masa waktu KRS. [Diagram KRS]

T: Saya tidak bisa melakukan KRS.
J: KRS hanya dibuka bagi mahasiswa aktif yang telah memenuhi syarat akademik dan administratif sesuai dengan jadwal waktu KRS yang telah ditentukan. Mahasiswa baru tidak melakukan KRS untuk semester I. KRS mahasiswa baru dilakukan oleh TU setelah periode KRS untuk mahasiswa aktif selesai. Silahkan mencermati pengumuman terkait dengan KRS.

T: Ketika akan KRS muncul pesan: “Proses transfer nilai masih selisih xx SKS, harap hubungi pihak jurusan”.
J: Kelengkapan data transfer nilai (konversi) merupakan syarat untuk melakukan KRS, ada ketidaksesuaian antara data total SKS yang diakui dan rincian mata kuliah yang dikonversi. Tujuan akurasi data ini agar mahasiswa tidak salah mengambil mata kuliah yang sudah dikonversikan dan juga kelengkapan ini sebagai syarat total SKS sebelum mahasiswa sidang. Silahkan menghubungi pihak jurusan/prodi untuk melengkapi data konversi.

T: Saya mahasiswa tidak aktif apakah saya bisa melakukan KRS?
J: KRS hanya bisa dilakukan untuk mahasiswa aktif, silahkan menyelesaikan administrasi keuangan untuk memastikan status kemahasiswaan aktif.

T: Apa akibatnya jika saya tidak melakukan KRS.
J: Mahasiswa yang tidak melakukan KRS otomatis akan dinyatakan tidak aktif. Silahkan ajukan status cuti jika Anda berencana untuk tidak melaksanakan perkuliahan pada semester tersebut.

T: Apakah KRS yang saya ajukan dapat dibatalkan?
J: Pengajuan KRS dan permohonan cuti baru berlaku jika sudah disahkan. Jika kemudian diketahui mahasiswa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat administratif dan akademik, KRS dan permohonan cuti tersebut akan dibatalkan/tidak disahkah oleh pihak Universitas.

T: Mengapa mata kuliah yang seharusnya diambil tidak muncul?
J: Periksa kembali kurikulum, mata kuliah akan dimunculkan sesuai dengan kurikulum mahasiswa.

T: Jadwal mata kuliah yang ingin dipilih masih juga belum muncul.
J: Pastikan kampus (A,B,C, atau D) yang dipilih sudah sesuai, perkuliahan dimunculkan untuk kampus yang dipilih.

T: Kurikulum sudah sesuai, kampus sudah sesuai, tetapi jadwal mata kuliah tersebut masih belum muncul?
J: POP belum membuat kelas/jadwal untuk mata kuliah tersebut. Jika kelas/jadwal belum tersedia, belum dapat diambil untuk KRS.

T: Apakah saya cukup memilih mata kuliah saja untuk KRS?
J: Mahasiswa harus memilih mata kuliah dan kelas yang akan diikuti.

T: Saya terdaftar di kampus D (Jatisampurna) apakah saya dapat mengambil jadwal kuliah di kampus A, B, atau C?
J: Saat ini mahasiswa kampus D belum diperbolehkan mengambil jadwal di kampus A, B, atau C begitu pula sebaliknya. Mahasiswa yang terdaftar di kampus D hanya bisa mengambil jadwal kuliah di kampus D.

T: Saya tidak dapat memilih kelas tertentu untuk kelas-kelas parallel.
J: Untuk kelas parallel (waktu/jam pelaksanan bersamaan), kelas baru akan dibuka secara otomatis jika kelas yang sedang dibuka sudah penuh.

T: Saya sempat mengisi KRS, tetapi sekarang tidak bisa mengedit kembali dan status kemahasiswaan saya tidak aktif.
J: Hal tersebut terjadi karena setelah dilakukan pemeriksaan ternyata status kemahasiswaan Anda tidak aktif, silahkan menyelesaikan administrasi dengan batas waktu tanggal 11 Februari 2014.

T: Apa akibatnya jika saya sudah KRS tetapi tidak mengurus keaktifan sampai tanggal 11 Februari 2014.
J: KRS yang pernah dibuat akan dibatalkan dan slot dapat diambil oleh mahasiswa lain dan bisa KRS kembali setelah status aktif.

T: Saya sudah melakukan pembayaran tetapi mengapa status saya tidak otomatis aktif?
J: Jika pembayaran tidak melalui loket Bukopin UMB, maka harus dikonfirmasikan dengan BAK UMB untuk membuka blokir.

T: Mengapa harus konfirmasi lagi ke BAK? ini jadinya merepotkan.
J: Saat ini mekanisme transfer informasi pembayaran dengan bank masih melalui beberapa prosedur, ada yang sebagian yang sudah otomatis ada yang sebagian manual. Mohon untuk dimaklumi, setelah mekanisme baru diterapkan, diharapkan pembayaran akan lebih mudah dan secara real-time terintegrasi dengan SIA.

T: Kelas yang ingin saya ikuti sudah penuh, apakah bisa dibuka kelas baru untuk mata kuliah tersebut?
J: Silahkan dicek kembali setelah tanggal 11 Februari 2014, kemungkinan ada slot yang kosong. Jika memang peminatnya memenuhi syarat minimal, prodi bisa membuka kelas baru. Kelas yang sudah dipilih bisa dibatalkan jika pesertanya tidak memenuhi syarat minimal.

T: Saya sudah melakukan KRS, mengapa data tagihan saya belum muncul di SIA lama?
J: Data tagihan akan digenerate serentak setelah masa KRS selesai, saat ini mahasiswa masih bisa tambah-kurang SKS sampai masa KRS selesai.

T: Ada kuliah yang muncul di daftar pilihan kuliah teman saya tetapi tidak muncul di daftar pilihan saya.
J: Perkuliahan dimunculkan berdasarkan Kurikulum mahasiswa dan tempat mahasiswa terdaftar, pastikan Anda terdaftar pada kurikulum yang berlaku (Kurikulum 2013). Silahkan menghubungi prodi untuk mengganti kurikulum dan/atau kampus tempat terdaftar.

T: Saya tidak bisa mengambil mata kuliah tertentu yang ada dalam daftar.
J: Beberapa perkuliahan ada prasyarat tertentu untuk bisa diambil, misal mahasiswa harus sudah pernah mengambil kuliah X dan Y sebelum bisa mengambil kuliah Z. Ada juga syarat minimum nilai, misal sudah pernah mengambil kuliah X dengan nilai minimal C, dll. Selain itu ada syarat maksimum SKS yang bisa diambil dalam satu semester, jika sudah melebihi jumlah maksimum maka tidak bisa ditambah lagi. Jika jadwal bentrok dengan kuliah yang sudah dipilih maka kuliah itu tidak dapat diambil. Kelas yang sudah penuh juga tidak dapat diambil.

T: Mengapa nama dosen yang mengajar kelas yang saya pilih tidak dimunculkan.
J: Nama dosen pengajar di setiap kelas tidak ditayangkan agar tidak menjadi kriteria ketika mahasiswa memilih kelas. Mahasiswa cukup memilih mata kuliah dan waktu perkuliahannya saja. Dosen untuk mata kuliah yang sama akan memberikan materi yang sama kepada mahasiswa. Data dosen pengajar diisikan oleh TU Prodi dan akan dimunculkan setelah masa KRS selesai.

T: Bagaimana saya tahu kelas tersebut E-learning atau bukan?
J: Jika akhiran kode kelas “EL” berarti kelas E-Learning misal “DA2112EL”

Akademik – lainnya

T: Di mana saya bisa melihat KHS (Kartu/Keterangan Hasil Studi).
J: KHS bisa diakses di SIA Lama.

T: Mengapa KHS dilihat di SIA lama? saya jadi bolak-balik buka SIA lama dan SIA baru.
J: Entry nilai dilakukan oleh dosen di SIA lama. Harap dapat dimaklumi, selama masa transisi ini dua SIA berjalan. Pada semester ganjil 2014/2015 sepenuhnya akan digunakan SIA baru.

T: Mengapa saya mendapat nilai E, sementara dosen menyatakan sudah memberikan nilai UAS dan UTS.
J: Kemungkinan presensi/kehadiran perkuliahan tidak memenuhi prasyarat minimal.

T: Kehadiran saya seharusnya sudah memenuhi syarat minimal.
J: Apakah ini perkuliahan e-learning? Untuk kehadiran di perkuliahan e-learning ada beberapa data kehadiran yang belum dimasukkan, silahkan konfirmasikan ke BAA/PPBA untuk dicek kembali dengan data yang ada.

Operasional Sistem

T: Ada menu/tombol yang tidak muncul, sementara menu/tombol tersebut muncul di user lain.
J: Setiap user diberikan kewenangan/peran masing-masing, jika menu/tombol tidak ada berarti user tersebut tidak berwenang melakukan aksi tersebut.

T: Apakah layanan ini aman?
J: Kami berusaha maksimal untuk mengamankan layanan ini. User diharapkan tidak membagi password kepada pengguna yang tidak berhak dan menggunakan password yang kuat (minimal 8 karakter, kombinasi: angka, huruf besar, huruf kecil, dan tanda baca). Silahkan gunakan layanan dengan baik, wajar, dan penuh tanggung jawab. Upaya-upaya untuk menggangu sistem tetap ada, setiap bentuk pelanggaran dan penyalahgunaan akan ditindak menurut hukum dan peraturan yang berlaku.

T: Mengapa kadang muncul pesan “403 Forbidden”?
J: Server mendeteksi request yang tidak wajar (misal jeda refresh terlalu cepat untuk halaman yang sama oleh IP address yang sama). Jika akses dilakukan melalui proxy oleh beberapa user maka server akan mendeteksi akses dari satu IP address saja (IP address dari proxy). Untuk menjaga performance sistem maka hal-hal tersebut dicegah.
Silahkan gunakan sistem secara wajar atau tanpa melalui proxy.

Lain-lain

T: Mengapa sih harus dibuat SIA yang baru?
J: Pengembangan SIA baru merupakan kebijakan Universitas. Proses dimulai sejak April 2013, saat ini dalam fase peralihan dari sistem lama ke sistem baru. SIA baru akan resmi digunakan pada Semester Ganjil 2014/2015. Salah satu target dari SIA baru adalah mengintegrasikan sistem informasi akademik yang saat ini masih terpisah-pisah. Penggunaan SIA baru diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada sivitas akademika UMB.

T: Mengapa mahasiswa tidak ditraining untuk menggunakan SIA baru?
J: Jumlah mahasiswa UMB sangat banyak (23.000) sangat sulit dan lama untuk ditraining satu per satu. Untuk itu disediakan user manual dan video tutorial untuk mempelajari sistem ini dan juga kami menerima pertanyaan melalui email, telpon, dan konsultasi langsung. Bagi mahasiswa yang sudah bisa melakukan KRS (>15.000) harap dapat membantu kami untuk menjelaskan/mengajarkan pada mahasiswa yang belum.

T: Mengapa Biodata saya tidak akurat (jenis kelamin, status kawin, agama dll)?
J: Untuk hal tersebut kami mohon maaf. Data di SIA baru adalah hasil penggabungan dari beberapa set database (berdasarkan kategori kelas dan kampus). Terdapat referensi yang berbeda antara satu database dengan database lainnya sehingga menyebabkan ketidakakuratan proses migrasi. Silahkan laporkan ke kami jika ada yang perlu diperbaiki. Akan dibuka fasilitas untuk mengedit biodata dan kontak (tlp, alamat, email dll).

T: Apakah ketidakakuratan juga ada pada data nilai dan data akademik?
J: Untuk data nilai kami sangat berhati-hati, kemungkinan ketidakakuratannya kecil. Ketidakakuratan disebabkan data di SIA lama berubah setelah proses migrasi ke SIA baru selesai dilakukan. Jika tidak akurat, silahkan menghubungi kami untuk dilakukan verifikasi

T: Kemana saya harus bertanya/berkonsultasi lebih lanjut untuk perihal yang belum ada pada daftar pertanyaan di atas?
J: Pastikan Anda sudah membaca dengan seksama FAQs dan petunjuk penggunaan yang telah disediakan. FAQs akan terus diperbaharui seiring dengan pertanyaan-pertanyaan yang masuk dan pengecekan ke peraturan akademik yang ada. Jika masih belum terjawab, Anda bisa menghubungi POSSI/PPSSI/TU/BAA UMB pada jam kerja atau bisa mengirimkan email ke [email protected]

T: Mengapa email saya belum/tidak dibalas?
J: Harap dapat dimaklumi karena kami cukup banyak menerima email. Besar kemungkinan ada email yang terlewat, atau email tersebut masuk ke folder spam dan kami tidak memeriksanya. Jika dalam waktu 1×24 jam email belum dibalas dan jawaban tidak ada di FAQs silahkan untuk dikirimkan kembali.

Mohon untuk tidak mengirimkan pertanyaan yang sudah dijawab dalam FAQs ini. Selain menunggu balasan email, silahkan tetap memantau layanan FAQs ini dan berkonsultasi dengan rekan mahasiswa yang sudah selesai KRS. Pertanyaan yang sudah dijawab dalam FAQs untuk sementara tidak menjadi prioritas untuk segera dibalas.

-oOo-
© 2015 Informasi SIA Frontier Theme
css.php